Home » , » jenis-jenis penggolongan hewan

jenis-jenis penggolongan hewan

Hewan dapat digolongkan bedasarkan tingkatan klasifikasinya. urutan klasifikasi hewan adalah spesies,genus, familia, ordo, klas, dan filum. yang akan saya jelaskan adalah 3 jenis penggolongan hewan.

penggolongan hewan

2 jenis penggolongan hewan

Berdasarkan makanannya hewan digolongkan menjadi 4 macam yaitu : Herbivora : Hewan pemakan tumbuhan mempunyai ciri-ciri Tidak mempunyai gigi taring,Sebagian besar giginya adalah geraham, gigi geraham berfungsi untuk mengunyah makanan .Gigi serinya tajam dan berguna untuk memotong makanan contoh : sapi, kerbau, kambing.
Karnivora : Hewan pemakan daging mempunyai ciri-ciri Mempunyai gigi taring yang berfungsi untuk mengoyak makanan.Memiliki kuku yang tajam untuk menangkap mangsa,Sisi rahang dan ujung gigi gerahamnya saling bertemu yang berfungsi untuk menyobek dan  mengunyah makanan contoh :  harimau, singa, buaya dan lain sebagainya.
Omnivora : hewan pemakan segala ( tumbuhan dan daging ) mempunyai ciri-ciri Mempunyai gigi geraham, gigi deri, dan gigi taring. contoh tikus, beruang dan lain-lain

2. Berdasarkan tulang belakang Hewan dibedakan menjadi 2 macam yakni :

Vertebrata
adalah hewan yang mempunyai tulang belakang, jenis ini dibagii menjadi 5 filum, antara lain :Ikan ( pisces ) contoh : ikan mas, tuna.Amfibi ( amphibia ) contoh : katak.Reptil ( Reptilia ) contoh : kadal dan buaya.Burung ( Aves ) contoh : itik, ayam, merpati.Hewan menyusui ( mamalia ) contoh : sapi, kerbau, ikan paus, rusa.

Avertebrata
Ialah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang, jenis ini dibagi menjadi 7 filum, yaitu :
Hewan bersel satu ( protozoa ) contoh amoeba, paramaecium
Hewan berpori ( porifera ) contoh sycon, spongila, pheronema
Hewan cacing ( vermes ) contoh cacing tanah, lintah, hewan karang, mawar laut.
Hewan berbuku-buku ( Arthropoda ) contoh nyamuk, lalat, belalang.
Hewan udang-udangan ( crustacea ) contoh udang, kepiting, lobster
Laba-laba ( Arachnida ) contoh kalajengking, lebah, laba-laba.
Lipan ( Myriapoda ) contoh lipan, luwing.
Hewan lunak ( molusca ) contoh kerang, cumi-cumi, siput
   

2 Jenis daur hidup hewan

Daur hidup adalah tahapan-tahapan kehidupan makhluk hidup yang dimulai dari telur kemudian menetas dan menjadi dewasa. Perubahan bentuk hewan yang bertahap tersebut dinamakan Metamorfosis. Metamorfosis dibedakan menjadi 2 macam :
1. Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis pada hewan yang saat menetas berbeda dengan bentuk induknya. ciri-ciri hewan ini adalah - Meninggalkan telur dalam Daur hidupnya. - Tidak mengasuh anaknya contoh : kupu-kupu, nyamuk, katak.
2. Metamorfosis tidak sempurna adalah daur hidup hewan yang setelah menetas bentuk tubuhnya sama atau mirip dengan induknya. contoh : jangkrik, semut, rayap, belalang.
Contoh Proses Metamorfosis pada kupu-kupu Telur - larva - ulat - kepompong - kupu kecil - kupu dewasa.
Contoh pada katak :Telur - larva - berudu/kecebong - berudu/kecebong berkaki -  katak muda berekor - katak dewasa
Contoh pada belalang : Telur - nimfa - belalang kecil belum bersayap - belalang dewasa bersayap

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI