Home » , » 6 Unsur-Unsur Yang Harus Terdapat Pada Peta

6 Unsur-Unsur Yang Harus Terdapat Pada Peta

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi ilmu pngetahuan sosial kelas 4 bab pertama yaitu Membaca dan menggambar peta sekitar. Di dinding kelas biasanya dipasang hiasan-hiasan ? apakah ada gambar peta di antara hiasan tersebut? kalau ada, coba perhatikan peta tersebut. peta wiayah mana yang terpasang dikelas mu ? Apakah kamu bisa membaca peta tersebut ?
    Ada sejumlah unsur yang perlu diperhatikan ketika membaca peta. pada bab ini kita akan belajar unsur-unsur peta. pengetahuan tentang unsur-unsur peta. pengetahuan tentang unsur-unsur peta membantu kita membaca peta, setelah kita belajar membaca dan menggambar peta. diharapkan setelah belajar bab ini kita mampu membaca peta dilingkungan sekitar. Mari keterampilan membaca peta.

Mengenal unsur-unsur peta

Kita sudah belajar tentang denah di kelas 3 kemaren, kita sudah mengenal denah ruah, sekolah, RT, dan RW. apakah masih ingat pelajaran tersebut ? coba bandingkan denah dengan peta. apa perbedaan dan kesamaannya ! sudah tahu... oke mari kita pelajari pengertian peta.

1. Pengertian peta
    Denah dan peta sama-sama menunjukkan suatu tempat atau wilayah. perbedaan antara denah dengan peta terletak pada luas wilayah yang ditunjukkan. wilayah yang ditunjukkan denaah sangat terbatas. sedangkan wilayah yang ditunjukkan peta sangat luas. peta biasanya menunjukkan wilayah kabupaten, provinsi, negara, dan benua. bahkan sebuah peta bisa menunjukkan wilayah seluruh dunia. didalam peta indonesia sendiri terdapat banyak pulau. Bisakah kita menyebutkan pulau-puau besar yang ada di indonesia? ada lima buah pulau besar, yaitu pulau jawa, kalimantan, sulawesi, sumatera, dan papua serta masih ada lagi ribuan pulau kecil. bisakah kita menghitungnya ?
     Kita sudah tahu bahwa peta menampilkan suatu wilayah. luas wilayah dalam peta lebih kecil dari keadaan sebenarnya. itu berarti wilayah yang digambar pada peta diperkecil. Namun, dalam memperkecil ukuran tidak boleh sembarangan. untuk mengambar peta harus mengikuti skala atau perbandingan tertentu. coba kita periksa skala dikelas !
     Dari sini kita bisa mendifinisikan apa itu peta. kata lain untuk peta ialah map. Peta ialah gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan kesuatu bidang datar dengn perbandingan atau skala tertentu. peta atau map memang merupakan gambar. gambar apa ? gambar dari permukaan bumi. permukaan bumi digambar seluruhnya atau sebagian. gambar itu dibuat di atas bidang datar. misalnya kertas, karton, papan. wilayah atau permukaan bumi yang digambar bisa meliputi seluruh wilayah yang luas tetapi juga bisa meliputi wilayah yang sempit. gambar permukaan bumi yang meliputi wilayah yang luas misalnya peta indinesia, peta pulau sumatera, peta pulau jawa dan sebagainya. gambar permukaan bumi yang meliputi wilayah yang terbatas misalnya peta desa, peta kelurahan, peta kecamatan, peta kabupaten dan peta provinsi

peta pulau bali

unsur-unsur peta

Unsur-unsur apa saja yang kita temukan pada peta pulau jawa ? ada enam unsur adalah judul peta, garis tepi peta, legenda, skala, petunjuk arah ( mata angin ) dan garis astronomi

a. Judul peta
judul peta menunjukan nama peta.judul peta ditulis di bagian atas dengan huruf yang menonjol. misalnya, PETA JAWA BARAT, PETA INDONESIA, PETA BALI, dan sebagainya. perhatikan tulisan yang dilingkari diatas

b. Garis tepi peta
garis tepi peta adalah batas-batas pinggir gambar peta. fungsi garis tepi untuk menulis angka-angka derajat astronomis.

Baca juga : kerajaan hindu di indonesia dan peminggalannya

c. Legenda
yang dipelajari  selanjutnya agar cepat bisa membaca peta adalah legenda adalah keterangan-keterangan yang menjelaskan simbol-simbol pada peta. biasanya legenda terletak di bagian bawah sebelah kiri maupun kanan. sedangkan simbol ialah gambar yang digunakan untuk mewakili objek-objek dalam peta. misalnya simbol untuk danau, sungai, jalan, rel kereta, ibukota provinsi, batas kabupaten dan sebagainya. simbol peta berbentuk warna, garis, dan gambar
    1. warna
arti warna-warna dalam peta sebagai berikut :
- warna hijau menunjukkan dataran rendah
- warna kuning menunjukkan dataran tinggi
- warna coklat menunjukkan  daerah pegunungan.
- warna putih menunjukkan puncak gunung yang tertutup salju.
- warna biru menunjukkan daerah perairan ( laut, sungai, danau )
warna biru untuk laut dibedakan ketajamannya. gunannya untuk menunjukkan kedalaman laut. warna biru tua untuk laut dalam dan biru muda untuk laut dangkal.
    2. Garis
Cara Membaca dan Menggambar Peta Lingkungan Setempat

    3. Gambar
Ada banyak gabar simbol dalam peta
gambar simbol pada peta

d.Skala
Skala ialah perbandingan jarak pada peta dengan jarak yang sesungguhnya. sebuah peta dibuat jauh lebih kecil dari keadaan sebenarnya. akan tetapi, letak, jarak, dan arahnya seperti keadaan sebenarnya. ada dua macam jenis skala, yaitu skala angka dan skala numerik. mari kita bahas keduanya.
- Skala angka ( skala numerik )
skala angka disebut juga skala perbandingan. skala biasanya dituliskan dibgian bawah. misalnya dalam sebuah peta kita menemukan skala 1:10.000 ( dibaca 1 berbanding 10.000 ). ini berarti bahwa jarak 1 cm pada peta sama dengan 10.000 cm di permukaan bumi. atau 1 cm pada peta sama dengan 100 m atau 0,1 km jarak yang sebenarnya.misalnya, jarak antara kota A ke kota B dipeta adalah 5 cm, ini berarti jarak yag sebenarnya dari kota A ke kota B adalah 5 cm X 10.000 cm = 50.000 cm. kalau dinyatakan dalam kilo meter berarti 0,5 km
- Skala garis
Skala ini ditunjukan oleh garis lurus yang dibagi dalam bagian-bagian yang sama. panjang masing-masing ruas = 1 cm. mari kita pelajari contoh skala garis berikut ini.
skala angka pada peta


Skala garis diatas berarti bahwa 1 cm di peta sama dengan 1 km di tempat sebenarnya. lalu bagamana mengubah skala angka menjadi skala garis? mari kita belajar dari contoh berikut. Misalnya dalam sebuah peta tertulis skala angka 1 : 5.000.000. kamu tahu ini berarti 1 cm pada peta sama dengan 5.000.000 cm pada jarak yang sebenarnya ( dimuka bumi ). atau, 1 cm pada peta sama dengan 50 KM pada jarak sesungguhnya. jika skala angka tersebut dirubah ke skala garis, akan seperti gambar berikut.


skala angka pada peta


e. Penunjuk arah
 Kamu sudah belajar tentang mata angin di kelas 3. kita masih ingat bukan? coba kamu menyanyikan atau menyebutkan arah mata angin yang sudiah dipelajari. Mata angin atau petunjuk arah ini juga merupakan salah satu yang penting dalam peta.
Mata angin ialah jarum pedoman atau garis yang menunjukkan arah suatu tempat. mata angin juga berarti arah, jurusan atau kiblat suatu tempat. penunjuk arah mata angin pada peta sangat penting. penunjuk arah pada peta membantu kita bisa menjelaskan posisi suatu tempat. misalnya, kota tanggerang itu terletak di sebelah barat jakarta.
petunjuk arah pada peta


f. Garis astronomi
Dalam peta terdapat garis-garis tegak (vertikal) dan mendatar ( horisontal ). garis-garis itu disebut garis astronomi. garis yng tegak disebut garis bujur. sementara yang garis-garis mendatar disebut garis lintang.
Lalu apa gunanya garis astronomi? garis astronomi berguna untuk menentukan letak suatu tempat atau wilayah. misalnya, letak provinsi DKI jakarta diantara 106022’ sampai 106058’ Bujur timur ( BT ) dan 5019’ sampai 6024’ Lintang selatan ( LS ). sekarang coba lihat peta provinsi atau kabupaten tempat kita tinggal! dapatkah kita menyebutkan letak astronomis provinsi dan kabupaten kita ?

Demikian penjelasan saya mengenai cara membaca peta semoga bermanfaat

DAFTAR ISI