Home » , » Kerajaan-Kerajaan Hindu Di Indonesia dan Peninggalannya

Kerajaan-Kerajaan Hindu Di Indonesia dan Peninggalannya

Kerajaan-Kerajaan hindu di indonesia dan perkembangannya-Tahukah kita tentang perkembangan  kerajaan hindu di nusantara ? untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan dipaparkan atau dibahas mengenai perkembangan beberapa kerajaan bercorak hindu di indonesia.

Pada awalnya, ajaran hindu berasal dari india. dari india ajaran hindu berkembang ke berbagai negara di benua asia, termasuk indonesia. ajaran hindu masuk ke indonesia tidak melalui kekerasan atau penaklukan. dari berbagai peninggalan yang ada, diketahui bahwa hindu masuk ke indonesia karena dibawa oleh para pendeta brahmana dan pedagang india. Budaya hindu di indonesia ditandai dengan munculnya beberapa kerajaan bercorak hindu sebagai berikut :

Peninggalan sejarah kerajaan hindu di indonesia



6 Kerajaan yang bercorak hidup di indonesia

 

  1. Kerajaan Kutai
Kerajaan hindu yang tertua di indonesia ialah kerajaan kutai. kerajaan ini berdiri pada tahun 400 M dan terletak di tepi sungai mahakam, kalimantan timur. Raja pertama kerajaan kutai bernama kudungga, sedangkan raja kutai yang paling terkenal bernama Mulawarman.
Raja mulawarman adalah pemeluk agama hindu yang taat beliau menyembah dewa syiwa.Raja ini menghadiahkan 20.000 ekor sapi kepada brahmana.
Peninggalan kerajaan kutai adalah prasasti atau batu tulis yang ditulis dengan huruf pallawa dan dalam bahasa sansekerta 

  2. Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan hindu tertua di pulau jawa, berdiri pada tahun 450 M, letaknya disekitar bogor, rajanya yang terkenal bernama purnawarman.
Peninggalan kerajaan tarumanegara adalah tujuh prasasti yang ditemukan di daerah jawa barat, sebagian besar prasasti itu ditulis dalam bahasa sansekerta dan menggunakan huruf pallawa,prasasti peninggalannya antara lain Prasasti ciaruteun, kebon kopi, tugu, lebak, jambu ( pasir koleangkak, pasir awi, dan Muara ciantum

  3. Kerajaan Mataram Lama
Kerajaan ini dikenal berkat prasasti yang ditemukan di daerah canggal ( sebelah barat magelang ), jawa tengah. prasasti ini mencantumkan tahun 734 M, ditulis dengan huruf pallawa dan dalam bahasa sanskerta. prasasti canggal menceritakan raja sanjaya mendirikan sebuah lingga ( lambang syiwa ), terdapat prasasti kalasan dan prasasti kedu ( prasasti mantyasih ).
Pada awalnya, kerajaan mataram lama diperintah oleh raja sanna yang bijaksana,setelah wafat digantikan oleh sanjaya pada saat pemerintahannya mataram memperluas wilayahnya dengan menaklukan beberapa daerah di jawa barat, jawa timur dan bali.

  4. Kerajaan Kediri
Kerajaan yang bercorak hindu di jawa timur ialah kerajaan kediri.letaknya disekitar sungai brantas, kabupaten kediri, jawa timur.mulai dikenal pada masa pemerintahan raja bameswara, tahun 1117  M. Pada massa pemerintahannya, raja bameswara ( 1117 M - 1130 M ) banyak menginggalkan prasasti di daerah tulungagung dan kertosono. beliau kemudian digantikan oleh jayabaya. dan jayabaya merupakan raja kediri yang paling terkenal karena dapat meramal masa depan bangsa indonesia.
Raja terakhir ialah Kertajaya, beliau memerintah sampai tahun 1222 M. Pada tahun tersebut kertajaya dikalahkan oleh ken arok, seorang pemuda dari desa ganter dekat malang. kekalahan tersebut menandai berkahirnya kerajaan kediri di jawa timur.


  5. Kerajaan Singasari
Kerajaan hindu dijawa timur lainnya adalah singasari terletak di sekitar dekat singasari, malang. luas wilayahnya meliputi malang sekarang, kerajaan ini mempunyai hubungan erat dengan munculnya kerajaan majapahit.
Singasari didirikan oleh ken arok pada tahun 1222 M. belia memerintah sampai tahun 1227 M, setelah wafat ken arok digantikan oleh anusapati yang memerintah dari tahun 1227-1248 M.
Selanjutnya singasari diperintah oleh Ranggawuni pada massa pemerintahannya kerajaan ini menjadi aman dan tentram.
Pada tahun 1268 M - 1292 M, singasari diperintah oleh kertanegara, beliau bercita-cita mempersatukan nusantara. ia mengirim pasukan ke sumatera agar kerajaan-kerajaan disan tunduk kepada singasari.belia berhasil membawa singsari mencapai puncak kejayaan.
Pada massa pemerintahannya, raja dari cina yang bernama khubai khan menuntut agar singsari tunduk kepada pemerintahannya tapi ditolaknya.raja dari cina itu mengirim pasukan untuk menyerbu singasari namun sebelum pasukan kubilai khan datang menyerang raja kertanagara wafat. bersama dengan meninggalnya beliau berakhirlah  riwayat singasari.

Dan yang terakhir ialah majapahit, untuk yang satu ini silahkan lihat sejarak berdirinya kerajaan matapahit semoga membantu pemahaman kita mengenai sejarah kerajaan hindu di indonesia 

   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI