Home » , » Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Berdirinya kerajaan majapahit pada tahun 1292 M, kerajaan singasari diserang oleh jayakatwang dari kerajaan kediri. akibat penyerangan itu kertanegara gugur. Raden wijaya,seorang keturunan kerajaan singasari berhasil meloloskan diri ia menyeberang ke madura dan meminta bantuan kepada wiraraja. atas bantuan wiraraja raden wijaya dianjurkan kembali ke kediri agar berpura-pura mengabdikan diri kepada jaya layakatwang.
contoh peninggalan kerajaan majapahit
Atas jaminan wiraraja, jayakatwang menerima pengabdian raden wijaya dan memberikan hadiah tanah di hutan tarik. dengan bantuan pengikutnya, raden wijaya mulai membangun daerah tersebut ketika sedang bekerja, salah seorang mereka menemukan buah maja, kemudian memakannya ternyata buah maja itu rasanya pahit. sejak saat itu, daerah itu disebut majapahit.
Sementara itu, 20.000 tentara cina yang dikirim olrh raja kubilai khan mendarat di tuban. tujuan kedatangan tetara cina ini ialah untuk menghukum raja kertanegara yang telah menghina utusan kubilai khan. pada saat tentara cina datang raja kertanegara telah meninggal dunia.
Kedatangan tentara cina merupakan kesempatan baik bagi raden wijaya untuk membalas dendam terhadap jayakatwang yang telah menjadi raja kerajaan kediri. raden wijaya lalu bekerja sama dengan tentara cina.pertempuran sengitpun terjadi tentara kediri akhirnya dapat dikalahkan. jayakatwang meninggal dunia di dalam tahanan itu.
Setelah menggalahkan pasukan jayakatwang, raden wijaya mengatur siasat untuk mengusir tentara cina. raden wijaya mengadakan pesta perayaan secara beras-besaran ketika tentara cina sedang terlena dan mabuk, raden wijaya memerintahkan pasukannya untuk menyerang mereka.serangan itu membuat tentara cina tidak berdaya banyak orang tewas seketika, setelah keadaan aman pada tahun 1293 M, Raden Wijaya naik tahta menjadi raja majapahit pertama dengan gelar kertarajasa jayawardana.
Raden wijaya memerintah dengan tegas dan bijiaksana.keadaan negara pada masa pemerintahannya menjadi tenang.Raden wijaya wafat pada tahun 1309 M dengan meninggalkan 3 anak. Dua anak perempuan dari istrinya gayatri yaitu bhre kahuripan dan bhre daha. satu anak laki-laki dari istrinya yang lain, parameswari yaitu jayanegara.
Setelah raden wijaya wafaat ia digantikan oleh putranya bernama jayanegara pada tahun 1309 M, pada masa pemerintahan jayanegara inilah, maja pahit mengalami kekacauan,pemberontakan sering terjadi misal pemberontakan ranggalawe (1309 M ), pemberontakan sora ( 1311 M ) pemberontakan nambi ( 1316 M ) dan pemberontakan kuti ( 1319 M )

DAFTAR ISI