Home » , » Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya yang dapat habis. Contoh sumber daya alam yang cepat habis adalah bahan tambang. jika bahan tambang yang tersedia habis, kita tidak dapat memproduksinya lagi.
Bahan tambang dibagi dalam tiga kelompok. ketiga kelompok itu adalah bahan tambang mineral logam, mineral bukan logam, dan sumber tenaga ( energi ). Mari kita bahas satu per satu.

contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

3 Macam Bahan Tambang yang Tidak Dapat Diperbaharui


1. Bahan tambang mineral logam

Bahan tambang mineral logam adalah bahan tambang yang cepat habis logam mineral ini berwujud bijih. contohnya : bijih besi, nikel, emas, tambang, timah dan bijih bauksit. Mineral logam dibagi menjadi dua, yaitu logam mulia dan logam campuran dalah contoh bahan tambang yang tidak dapat diperbarui.
Logam murni digunakan dalam kondisi murni tanpa campuran. contoh logam murni adalah emas, timah, seng, dan aluminium. biasanya kaleng minuman menggunakan aluminium murni sedangkan kabel listrik terbuat dari tembaga murni.
Bahan tambang tidak murni atau dipakai dalam keadaan dicampur. misalnya : campuran tembaga, timah dan seng pada pembuatan kapal. bahan campuran ini lebih tahan menghadapi proses perubahan

2. Bahan tambang mineral bukan logam

Contoh bahan tambang bukan logam adalah batu kapur, belerang, pasir, kaolin, asbes, mika, tanah liat serta intan.

3. Bahan tambang sumber tenaga ( energi )

Kompor apa yang digunakan ibu kita untuk memasak? kompor minyak tanah atau kompor gas? minyak tanah dan gas adalah contoh bahan tambang sumber energi. Minyak tanah, gas alam dan batu bara termasuk sumber tenaga yang paling banyak digunakan.
Minyak bumi dan gas alam merupakan contoh ketiga dari sumber daya alam yang bisa habis
Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu sebelum digunakan. ada bermacam-macam produk pengolahan minyak bumi, misalnya minyak tanah,solar,pelumas,ter,bensin,bensol dan aspal. masing masing produk pengolahan ini mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.
Gas alam bisanya terdapat bersama minyak bumi. Gas alam digunakan sebagai bahan pembuat pupuk selain itu gas alam juga digunakan untuk bahan bakar kompor gas.
Batu bara dimanfaatkan untuk bahan bakar. kereta api, kapal laut, dan pembangkit listrik menggunakn batu bara sebagai bahan bakar. selain itu batu bara digunakan untuk membuat sutera tiruan, karet tiruan, bensin tiruan, sabun dan ter.


Demikian macam sumber daya alam yang hilang dimuka bumi.hendaknya kita turut menjaga dengan cara berhemat energi dirumah ataupun di luar rumah  semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI