Home » , » Macam Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Macam Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui ialah kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan terus menerus karena dapat tersedia kembali. SDA itu bisa kembali karena faktor alam maupun karena perkembangbiakan. contoh : tanah, hutan, hewan, air, dan udara. mari kita bahas semuanya

jenis sumber daya alam


4 Macam sumber daya alam yang tersedia kembali


1. TANAH

Tanah adalah tempat kita semua berpijak. kita dan mahluk-mahluk hidup lainnya tinggal di atas tanah. Ada banyak sekali jenisnya. jenis-jenis tanah itu antara lain tanah vulkanik, tanah humus dan gambut. mari kita bahas 

      - Tanah vulkanik
Tanah ini berasal dari endapan abu letusan gunung berapi. ketika meletus, gunung berapi mengeluarkan abu dan lava,abu yang dikeluarkan bercampur dengan tanah. inilah yang disebut tanah vulkanik. tanah ini sangat subur,cocok untuk bercocok tanam, tanah vulkanik dapat ditemukan di lereng-lereng gunung berapi.

      - Tanah Humus
Daun-daun jatuh ke tanah kemudian membusuk. setelah membusuk dedaunan itu bercampur dengan tanah. campuran inilah yang disebut dengan Humus. tanah humus disebut juga tanah organik. tanah humus sangat subur dan baik untuk bercocok tanam.kita dapat menemukan tanah humus di hutan-hutan yang masih lebat.

      - Tanah Gambut
Tanah gambut terbentuk dari tumbuhan-tumbuhan rawa, tumbuhan-tumbuhan ini membusuk dan tertimbun selama bertahun-tahun. ciri tanah gambut adalah lunak dan basah. lahan gambut kurang cocok untuk pertanian karena kurang subur. lahan gambut banyak terdapat di sumatera, kalmantan dan papua

2. HUTAN

Apakah kalian pernah masuk hutan? coba ceritakan seperti apa hutan itu! bisakah kita menyebutkan ciri-ciri hutan? yup slaah satu ciri hutan adalah banyak pepohonan yang banyak binatang berkeliaran dan hutan termasuk sumberdaya alam yang bisa diperbarui.
Bergunakah hutan bagi menusia ? apa saja kegunaan hutan bagi kita? kegunaan hutan antara lain untuk menahan erosi,menyimpan air, menyediakan kayu untuk bahan-bahan bangunan dan sebagai paru-paru lingkungan.
Hutan merupakan sumber daya alam yang dapat rusak. hutan juga dapat rudak dan musnah jika tidak dilestarikan.apa saja yang membuat hutan rusak dan gundul ? penyebab kerusakan hutan antara lain :
1. Penebangan hutan secara liar.
2. Kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau
3. Pembakaran hutan untuk membuka ladang.
Dapatkah kita membayangkan apa yang terjadi jika hutan kita rusak? jika hutan rusak, lahan bekas hutan akan gundul akibatnya bisa terjasi bencana banjir selain itu udara menjadi lebih panas oleh karena itu hutan harus  kita lestarikan. nanti kita akan bahas mengenai cara melestarikan hutan kawan

3. HEWAN

Ada beberapa jenis hewan atau binatang liar dan binatang peliharaan. contoh binatang liar antara lain gajah, harimau, buaya, rusa, beruang dan kancil contoh hewan ternak antara lain ayam, kambing dan sapi.
Hewan termasuk sumberdaya alam yang dapat diperbarui.binatang liar bisa berkembangbiak sendiri. ada juga hewan-hewan langka yang sengaja di tangkarkan. apakah kalian juga memelihara hewan ternak?

4. AIR

Semua mahluk hidup memerlukan air. begitu juga kita manusia. kita menggunakan air untuk diminum, mandi, memasak dan mencuci. kita memperoleh air air bersih dari sumur, mata air, air hujan, dan air dari PAM. pertanyaannya darimanakah keluargamu mendapatkan air bersih.
air termasuk sumberdaya alam yang dapat diperbarui karena air mengalami siklus tahukah kita silkus air?

oke sampai disini pembahasan kita tentang Ragam sumber daya alam yang dapat diperbarui semoga bermanfaat untuk kita semua.terima kasih

DAFTAR ISI