Home » , » struktur Indra Pendengaran Pada Manusia

struktur Indra Pendengaran Pada Manusia

Telinga adalah alat indra untuk mendengar yang didalamnya tedapat saraf pendengar yang peka akan getaran suara, telinga dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

Bagian-bagian telinga

Bagian-bagian telinga adalah :

 1. Telinga bagian luar

Berfungsi untuk menangkap bunyi. pada bagian ini terdapat daun serta lubang telinga, kelenjar minyak, dan selaput gendang.

       2. Telinga bagian tengah

pada bagian ini berfungsi untuk menghantarkan bunyi.di bagian ini terdapat tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. pada bagian tengah terdapat saluran eustachius yaitu saluran yang menghubungkan antara telinga dengan mulut, agar tekanan udara di luar dan di dalam telinga seimbang.

      3. Telinga bagian dalam

Berfungsi untuk mengangkap bunyi dari telinga tengah. pada bagian ini terdapat tingkap jorong, tingkap bundar, saluran-saluran setengah lingkaran ( ampula ), dan rumah siput ( koklea ). pada rongga telinga bagian dalam terdapat alat indra keseimbangan. ujung saraf berisi cairan limfa di dalam anpula yang disebut endolimfa.

Proses pendengaran

Proses pendengaran kita adalah Daun telinga menangkap getaran suara dari luar kemudian disalurkan ke gendang melalui lubang telinga,selanjutnya dari gedang bergetar dan ditangkap oleh tulang-tulang pendengar dan tingkap jorong.
dari tingkap jorong,getaran tersebut mengetarkan cairan yng terdapat pada rumah siput, cairan yang bergetar merangsang urat saraf pendengar lalu diteruskan ke otak.

Cara menjaga kesehatan telinga :

       1. Hindari suara yang terlalu keras dengan cara menutup telinga
       2. Hindari benturan keras yang memungkinkan dapat mencederai telinga.
       3. Periksa telinga secara teratur
       4. Periksa telinga ke dokter THT

Kerusakan pada telinga dapat menyebabkan tuli, penyebab tuli adalah :

       1. Gendang telinga pecah
       2. Lubang telinga tersumbat
       3. Saraf pendengaran rusak
       4. Tulang pendengaran mengalami pengapuran

Baca juga : Bagian-bagian pada mata

Demikian penjelasan saya mengenao bagian pada mata serta  cara menjaga kesehatan mata semoga dapat menambah ilmu kita terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI