Home » , » Sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore Secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore Secara Lengkap

Sejarah Kerajaan Ternate dan Tidore Secara Lengkap - Oke sobat clik ilmu pada kesempatan hari ini admin akan menulis lanjutan tentang kerajaan islam disebelah itumu indonesia sono. masih taukah apa nama kerajaannya..? Yup..adalah kerajaan ternate dan tidore serta adala lagi ni yaitu Kerajaan Gowa dan Tallo di makasar yuk kita bahas satu persatu.

Berdirinya Kerajaan Ternate dan tidore

Sejak abad ke-13, Maluku sudah ramai dikunjungi oleh pedagang-pedagang islam di jawa dan melayu. seiring dengan ramainya perdagangan, berdatangan pula para penyebar agama islam dari jawa timur. salam seorang ulama yang berjasa menyebarkan agama islam di maluku ialah sunan giri dari gresik, jawa timur.
Peta kekuasaan kerajaan ternate dan tidore
Kerajaan atau kesultanan ternate merupakan kerajaan yang mendapat pengaruh islam dari para pedagang jawa dan melayu.pusat pemerintahan kerajaan ternate terdapat di sampalu.raja atau sultan ternate yang pertama adalah Sultan Zainal Abidin ( 1486 - 1500 ). raja atau sultan ternate yang terkenal ialah sultan hairun. hasil utama ternate ialah cengkeh dan pala.
Selain Kerajaan Ternate, juga terdapat Kerajaan atau Kesutanan Tidore. Sultan tidoreyang pertama ialah sultan mansur. raja atau sultan tidore yang terkenal ialah pangeran nuku. antara ternate dan tidore terjadi persaingan dalam hal memperluas kekuasaan dan perdagangan sehingga sering terjadi peperangan. oleh sebab itu, kerajaan-kerajaan tersebut membentuk persekutuan dengan daerah yang mereka pengaruhi.persekutuan itu biasa disebut Uli Siwa dan Uli Lima.
Uli Siwa ( persekutuan sembilan ) dipimpin oleh kerajaan tidore, yaitu meliputi jilolo ( halmahera ), makian, dan pulu besar sampai di irian ( papua ). Uli lima ( persekutuan lima ) dipimpin oleh kerajaan ternate, meliputi wilayah bacan, obi, seram, dan ambon.
Pada abad ke-16, bangsa eropa mulai berdatangan ke maluku. perselisian antara ternate dan tidore dimanfaatkan oleh portugis dan spanyol. sultan ternate meminta bantuan potugis, sedangkan sultan tidore meminta bantuan spanyol. Untunglah masyarakat maluku sadar bahwa mereka diperalat oleh bangsa asing. mereka kembai bersatu padu untuk melawan bangsa asing. pada tahun 1575, tertate dibawah sultan babullah, berhasil menghancurkan benteng potugis di maluku. pada masa pemerintahan babullah ( 1570-1583 ), tertate mengalaami kemajuan pesat dan berhasil mengusir potugis dan spanyo dari maluku. 

Kerajaan Gowa dan Tallo

Gowa dan Tallo merupakan kerajaan kembar yang bersatu. pusat kerajaan tersebut di somba opu ( makasar ). Raja tallo pada waktu itu ialah karaeng matoaya. ia merupakan raja pertama sulawesi selatan yang memeluk agama islam dan bergelar Abdullah Awalu Islam. adapun raja Gowa iaalah Daeng Manrabia.
Dalam bidang perdagangan, kerajaan gowa-Tallo menjalin hubungan baik dengan kerajaan lain, seperti banten, matara, maluku, dan malaka. hubungan luar negeri juga berjalan dengan baik, terutama dengan arab, spanyol, dan portugis.
Kerajaan gowa-tallo mencapai puncak kejayaan saat dipimpin oleh sultan hasanuddin ( 1653-1669 ). ketika itu, belanda berusha keras untuk menguasai Gowa-Tallo, namun mendapat perlawanan sengit dari sultan hasanuddin. ketika belanda menghalangi pelaut makasar membeli rempah-rempah dari maluku, dengan tegas Hasanuddin berka, " laut adalah milik Allah dan semua manusia bebas menggunakannya." karena ketegasannya belanda menjuluki sultan hasanuddin sebagai " ayam jantan dari timut".
Akhirnya, karena pengkhianatan raja aru palaka dari bone, belanda berhasil mengalahkan kerajaan Gowa-Tallo pada tahun 1667, sultan hasanuddin harus menandatangani perjanjian Bongaya yang sangat merugikan Rakyat Gowa dan tallo.
Selesai sudah penjelasan kami tentang kerajaan-kerajaan islam yang ada di indonesia. terima kasih telah mengikuti ulasan tentang kerajaan islam di blog ini dan saya ucapkan terima kasih. salam clikilmu

DAFTAR ISI