Home » , » Struktur Serta Fungsi Kulit Manusia

Struktur Serta Fungsi Kulit Manusia

Pernahkan kamu mengalami kecelakaan yang merusak kulitmu, misalnya tersiram air panas? kulit yang tersiram air panas akan melepuh jika tidak segera di obati. sebagai pertolongan pertama kamu dapat mengusapi kulitmu dengan minyak bayi. dan mintalah pertolongan dari orang dewasa atau jika sangat parah, segeralah ke dokter atau rumah sakit terdekat.
Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah dihinggapi jamur dan kotoran lain.oleh karena itu, maka dari itu sobat kulitmu harus selalu bersih. mandilah dua kali sehari, serta cucilah tangan dan kakimu sebelum kita memejamkan mata, sobat makan yang banyak mengandung vitamin E.

struktur anatomi kulit manusia
Kulit merupakan indra peraba yang peka terhadap rangsangan berupa tekanan, panas, dingin, kasar, halus dan nyeri.Ujung-ujung saraf peraba terdapat pada seluruh permukaan kulit dengan penyebaran tidak sama banyak dan kedalaman berbeda-beda.paling banyak terdapat pada ujung jari, telapak tangan, telapak kaki, bibir, dan alat kelamin.

2 MACAM BAGIAN KULIT MANUSIA


Lapisan luar ( epidermis ) Lapisan ini terdiri atas : Kulit ari tersusun atas sel-sel mati yang selalu mengelupas,kulit ari berfungsi mencegah masuknya kotoran, bibit penyakit, dan menguapnya air dari dalam tubuh. dan Kulit malpighi tersusun atas sel-sel yang aktif membelah.lapisan kulit ini berfungsi menggantikan sel kulit ari yang mengelupas.
Lapisan dalam ( dermis ) Lapisan kulit bagian dalam ini tersusun atas :a. jaringan lemak yang berfungsi mengendapkan air dikulit sehingga kulit tetap lembab. b. kelenjar keringat yang berfungsi mengeluarkan keringat. c. saluran keringant yang berfungsi menyalurkan keringat. d. pembuluh darah mengalirkan pembuluh darah. e. reseptor yang berfungsi sebagai sensor peraba ( saraf penerima rangsangan ). f. zat melanin yang berfungsi melindungi dari sinar ultraviolet. kulit yang berwarna gelap banyak mengandung melanin. 

Fungsi kulit bagi tubuh manusia

1. Sebagai pelindung daging dan rangka manusia
2. Pengatur suhu tubuh
3. Melindungi tubuh dari kotoran
4. Melindungi tubuh dari masuknya bibit penyakit 

Jenis Penyakit pada kulit :

Panu adalah penyakit kulit akibat terinfeksi jamur yang berupa bercak-bercak putih pada kulit dan terasa gatal terutama ketika berkeringat. gejalanya muncul bercak putih dan terasa gatal ketika berkeringat.
Kurap atau kadas ialah penyakit kulit akibat terinfeksi jamur dan terasa gatal. kurap terbagi menjadi 3 jenis yaitu kurap ayam, kurap anjing dan kurap besi. gejalanya terasa gatal, lesi ( berwarna putih ) berbentuk bulat, kulit meradang akibat garukan muncul bercak merah dan kuku rusak akibat terjadi penebalan.
kudis adalah penyakit yang disebabkan sejenis tungau atau kutu kecil berwarna merah yang hidup di kulit sehingga kulit terasa gatal. gejalanya muncul bintil merah pada kulit seperti tangan, lipatan siku terasa gatal dan mudah terluka bila digaruk.
Perawatan kulit diantaranya adalah mandi teratur minimal 2 kali setiap hari, Gunakan pakaian milik sendiri tidak bertukar pakaian dengan orang lain, melindungi kulit dari sinar matahari terutama pada siang hari,konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin E serta gunakan salep atau cairan anti kudis apabila terserang penyakit kulit


oke sampai disini dulu yang kita bahas semoga bermanfaat terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI