Home » , » 6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah

6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah

Sebelumnya telah diberi info mengenai hewan yang terancam punah lalu bagaimana dengan tumbuhan? tenang pada kali ini admin akan memberikan tumbuhan apa saja yang terancam punah, perhatikan barang-barang disekitar kita,adakah yang terbuat dari kayu?kalo iya jenis kayu apa yang dibuat untuk membuat barang tersebut.Perabot rumah tangga, seperti meja, kursi, dan lemari banyak yang terbuat dari pohon jati.pohon ini banyak digunakan karena sifatnya yang kuat dan awet selain jati, terdapat beberapa tumbuhan lain yang terancam punah,selamat menyimak

Tumbuhan yang terancam punah di indonesia

1. Amorphophallus titanium
6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah
Atau sering disebut bunga bangkai Memiliki dua fase kehidupan yang mucul bergantian yaitu fase vegetatif dan fase generatif tumbuhan ini adalah tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah tropis dan sum tropis . Tumbuhan bangkai merupakan tumbuhan dengan bunga majemuuk terbesar di dunia dan termasuk tanaman jenis talas-talasan dengan bentuk serta ukuran umbi yang bervariasi, bunganya mengeluarkan bau seperti bangkai sehingga dinamakan bunga bangkai. bunga ini termasuk bunga langka dan dilindungi oleh pemerintah,tempat hidupnya secara alami terdapat di sumatera




2. Raflesia arnoldi
6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah
Nama lain bunga ini juga ciri bunga ini ialah bentuknya melebar kesamping bukan meninggi ketika sedang mekar diameternya bisa mencapai 1 meter dengan tinggi 50 cemtimeter dan beratnya sekitar 10 kilogram untuk masa tumbuhnya memerlukan waktu 9 bulan pada saat mekar bunga ini hanya 5 sampai 7 hari kemudian akan layu.sama seperti amorphopallus titanium,bunga ini juga mengeluarkan bau seperti bangkai.kuncup bungai ini dapat dijadikan obat sehingga sering dijarah dan keberadaan bunga ini mulai berkurang.

3. Kantong semar
6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah
Apakah ada yang pernah melihat kantong semar ? Tumbuhan kantong semar jarang ditemukan.,tumbuhan ini hidup di hutan hujan tropis dataran rendah dan daerah yang kekurangan unsur nitrogen,tumbuhan ini termasuk tumbuhan karniora karena memakan serangga caranya ialah dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga karena pada bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga serangga terpeleset,kantong semar pertama kali di perkenalkan oleh J.P Breyne pada tahun 1689,hutan di tangkuban parahu,jawa barat merupakan salah satu tempat hidup kantong semar.




4. Cendana
6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah
Pohon cendana merupakan penghasil kayu serta minyak cendana tanaman ini mempunyai nama lain santalum album.memiliki batang yang berukuran kecil hingga sedang dengan diameter bisa mencapai 40 cm dan tingginya bisa sampai 20 meter dan kerang mengugurkan daunya ciri dari pohon ini adalah batangnya bulat agak berlekuk dan tajuk pohonya ramping atau melebar dan bentuk daunya berbentuk elips dan tepi daun yan sejajar.di indonesia sendiri banyak ditemukan di nusa tenggara timur,tumbuhan ini digunakan untuk rempah-rempah dan sebagai pengharum keberadaanya kini langka dan harganya mahal.

5. Aquilaria sp
6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah
Merupakan tumbuhan  penghasil kayu gaharu,pohon ini memiliki kandungan kadar damar yang wangi sehingga dijuluki "emas beraroma dari hutan". ciri-ciri pohon ini dapat mencapai tinggi 35-40 m dan berdiameter sekitar 60 cm kulit batangnya licin,berwarna keputih-putihan dan berkayu keras daunya lonjong memanjang dengan ukuran panjangnya 5 - 8cm seta lebar 3-4 cm.tempat tinggalnya di hutan pedalaman kalimantan, harga jual tumbuhan ini mahal sehingga banyak diburu orang, keberadannya sekarang mengkhawatirkan,nyaris punah.

6. Meranti
6 Jenis Tumbuhan Yang Terancam Punah
Meranti merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sulit dicari di pasaran. perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama.oleh karena itu, tumbuhan ini terancam punah.namun,sekarang banyak ahli yang mencoba berbagai teknik penggadaan bibit.salah satu teknik yang berhasil digunakan adalah sistem pendingin kabut.pertumbuhan bibit asal setek lebih baik daripada pertumbuhan bibit yang terjadi secara alami,Pengembangan jenis tumbuhan menguntungkan dari segi ekonomi.apalagi dari segi lingkungan.tumbuhan ini dapat menyerap unsur karbo di hutan.tidak heran jika meranti sangat cocok untuk dikembangkan menjadi produk hutan tanaman industri

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI