Home » , » Macam cerita Rakyat Di indonesia

Macam cerita Rakyat Di indonesia

Kita sudah mengenal peninggalan sejarah berupa benda-benda.sekarang kita akan membahas peninggalan sejarah dalam bentuk cerita.ada cerita lisan,adajuga certa tertulis,setiap tempat memiliki sejarah.caba tanyakan kepada orang tuamu tentang sejarah tempat tinggalmu.apakah orang tuamu tahu sejarah terjadinya daerahmu?Mungkin mereka akan bercerita bahwa dulunya daerahmu adalah sawah, atau tanah kosong tempat orang mengembalakan ternak, atau rawa-rawa, hutan belantara yang angker, dan sebagainya.
Macam cerita Rakyat Di indonesia

Cerita tentang terjadinya suatu tempat atau daerah ada yang bersifat nyata.maksudnya, kejadian yang diceritakan memang terjadi namun,ada juga yang berupa dongeng yang tidak nyata.maksudnya, terjadinya suatu tempat atau daerah tidak seperti yang diceritakan.dalam bagian ini kita akan mempelajari bentuk-bentuk cerita rakyat dan sejarahnya suatu daerah

5 Macam cerita rakyat di indonesia

Ada beberapa macam cerita rakyat.misalnya,legenda,mitos,dongeng,fabel, dan sage.bentuk-bentuk cerita ini mengisahkan terjadinya suat tempat secara tidak nyata.meskipun demikian, ada pesan yang ingin disampaikan. pesan inilah yang seharusnya dipelajari.mari kita bahas bentuk cerita rakyat diatas 

1. Legenda
Legenda adalah cerita terjadinya suatu tempat.banyak masyarakat yang percaya cerita it benar-benar terjasi. legenda tidak dianggap suci karena tidak ada tokoh dewa.contoh legenda antara lain Cerita terjadinya gunung tangkuban perahu di jawa barat, cerita asal-usul banyuwangi di jawa timur, cerita terjadinya rawa pening di jawa tengah dan cerita terjadinya danau toba di sumatera utara.Apakah di daerah kita ada legenda tentang terjadinya suatu tempat? boleh diceritakan dikolom kometar.

2. Mitos
Mitos adalah cerita yang dipercaya benar-benar terjadi,dianggap suci dan memiliki tokoh dewa.contohnya, asal-usul candi prambanan,asal-usul selat bali dan putri buruti siraso ( sumatera utara ).

3. Dongeng
Dongeng adalah cerita yang tidak pernah terjadi dalam kehidupan nyata,biasanya berupa cerita tentang keajaiban atau kesakitan.misalnya, dongeng jaka tarub, timun emas, bawang putih dan bawang merah, dan sebagainya.
Sering kali peristiwa-peristiwa dalam dongeng tidak masuk akal.dongeng bawang putih dan bawang merah misalnya,dongeng ini menceritakan dua orang anak, bawang putih dan bawang merah sifat kedua anak ini bertolak belakang bawang merah jahat sedangkan bawang putih baik hati. Bawang putih selalu disakiti oleh bawang merah,suatu ketika datanglah seorang pangeran dari kerajaan. pengeran itu mempersunting bawang putih menjadi istrinya. dongeng itu berasal dari daerah betawi ( jakarta )

4. Fabel
Fabel termassuk cerita rakyat. fabel berisi pendidikan moral. biasanya bercerita tentang kehidupan hewan atau binatang. dalam fabel, hewan-hewan bisa bicara seperti manusia.kamu tentu mengetahui cerita kancil dan buaya serta kancil dan siput bukan? dua cerita itu adalah contoh fabel.

5. Sage
Sage adalah cerita tentang tokoh kepahlawanan. cerita seperti ini banyak beredar di masyarakat. tetapi sumbernya sulit ditemukan dan biasanya merupakan sumber lisan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI