Home » , » Cara Menghargai Benda Peninggalan Sejarah

Cara Menghargai Benda Peninggalan Sejarah

Negara kita memiliki banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah,benda-benda itu merupakan warisan masa lampau yang sangat berharga dan benda itu menjadi milik negara serta benda-benda itu juga menjadi milik rakyat indonesia,benda-benda peninggalan sejarah menjadi kebanggaan bangsa indonesia misalnya kita bangga mempunyai candi borobudur.bayangkan, pada abad ke-9 bangsa kita sudah mampu membuat bangunan semegah dan seindah itu.Sudah sepatutnya kita bersikap menghargai benda-benda peninggalan sejarah.lalu Apa saja bentuk penghargaan kita itu? mari kita mulai dengan kegiatan mendiskusikan berikut ini!
benda peninggalan sejarah

Pada tahun 2007 beberapa arca yang disimpan dimusium radya pustaka di solo dicuri dan dipalsukan. arca-arca yang asli dibuatkan tiruannya kemudian arca asli diambil dan dijual dari sini timbul pertanyaan bagaimana perasaan kita mendengar berita itu? bolehkah kita menjual benda-benda purbakala? dan apakah dalam kasus itu benda-benda peninggalan sejarah sudah dihargai? dari kasus tadi jelas sekali bahwa benda peninggalan sejarah kurang dihargai.benda-benda purbakala tidak boleh dijual,apalagi untuk mencari keuntungan pribadi.lalu bagimana cara kita untuk menghargai benda-benda peninggalan sejarah tersebut.

Cara menghargai benda peninggalan sejarah

1. Merawat dan menjaga benda-benda peninggalan sejarah
Banyak benda peninggalan sejarah berusia ratusan atau bahkan ribuan tahun, tak heran benda-benda tersebut rapuh dan bila tidak dirawat dengan baik bisa rusak dan hancur,merawat benda-benda peninggalan sejarah merupakan tugas kita semua tapi penanggungjawab utamanya adalah negara. bagaimana cara merawatnya?cara menjaga dan merawatnya antara lain sebagai berikut pertama membangun museum-museum untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah,kedua menjaga dan merawat daerah-daerah cagar budaya karena di daerah cagar budaya biasanya terdapat banyak benda-benda peninggalan sejarah dan yang ketiga turut menjaga agar benda peninggalan sejarah tidak rusak,benda peninggalan sejarah harus diamankan dari tangan-tangan jahil.
2. Mengunjungi temoat-tempat peninggalan sejarah
Pernahkah kamu mengunjungi sebuah museum? kalau belum cobalah melakukanya.amati benda-benda apa saja yang tersimpan disana karena mengunjungi museum termasuk salah satu cara menghargai peninggalan sejarah.
3. Menggunakan benda-benda peninggalan sejarah secara benar
Kamu sudah tahu benda-benda peninggalan sejarah adalah kekayaan negra,kita harus menggunakan secara benar.benda itu boleh digunakan untuk keperluan penelitian.benda-benda peninggalan sejarah juga boleh dikunjungi,benda-benda sejarah bukan milik pribadi kita tidak boleh memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.misalnya, kita tidak bolah mem[erjualbelikan benda-benda peninggalan sejarah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI