Home » , » 11 Nama Komando Daerah Militer Di Indonesia

11 Nama Komando Daerah Militer Di Indonesia

Sejak tanggal 1 april 1985 negara kita yang wilayahnya dari sabang sampai merauke terbagi menjadi 10 KODAM (Komado Daerah Militer) yang mana,masing-masing kodam dipimpin oleh seorang panglima daerah militer ( PANGDAM ). Namun pada tanggal 5 februari 2002 Nanggro aceh Darussalam memiliki KODAM sendiri berkedudukan di Nanggro Aceh Darussalam dengan nama KODAM iskandar muda.berikut ini akan dijelaskan nama-nama komando daerah militer yang ada di indonesia.


Daftar 11 Nama Komando Daerah Militer

1. KODAM I Atau yang dinamakan Bukit Barisan, berkedudukan di medan di medan dan meliputi sumatera utara, sumatera barat, riau, dan kepulauan riau.

2. KODAM II Atau yang dinamakan Sriwijaya, berkedudukan di palembang dan meliputi provinsi sumatera selatan, jambi, dan lampung, bangka belitung.

3. KODAM III Atau yang dinamakan Siliwangi,berkedudukan di Bandung dan meliputi provinsi jawa barat dan banten.

4. KODAM IV atau yang dinamakan Diponegoro, berkedudukan di semarang dan meliputi provinsi jawa tengah dan D.I.Yogyakarta.

5. KODAM V atau yang bernama Brawijaya, berkedudukan di surabaya dan meliputi provinsi jawa timur.

6. KODAM VI atau yang bernama Tanjungpura, berkedudukan di banjarmasin dan meliputi kalimantan timur, kalimantan barat, kalimantan selatan dan kalimantan tengah.

7. KODAM VII atau yang bernama Wirabuana, berkedudukan di makasar dan meliputi provinsi sulawesi selatan, sulawesi tenggara, dan sulawesi tengah,sulawesi barat dan Gorontalo.

8. KODAM VIII atau yang dinamakan trikora, berkedudukan di jayapura dan meliputi provinsi maluku, maluku utara, irian jaya barat dan papua.

9. KODAM IX atau Udayana, berkedudukan di denpasar dan meliputi provinsi bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur.

10. KODAM Jakarta Raya tanpa nomor karena, berkedudukan di jakarta sebagai ibukota negara dan meliputi DKI Jakarta Raya

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI