Home » , » Asal Mula Nama Indonesia

Asal Mula Nama Indonesia

Asal Mula Nama Indonesia

Yang dimaksud dengan indonesia adalah indonesia dalam pengertian geografis dan bangsa, menurut pengertian geografis, indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95 derajat sampai 141 derajat Bujur timur, dan 6 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan.Sedangkan Indonesia dalam arti bangsa yang secara politik,ekonomi, dan sosial budaya dalam wilayah tersebut. Istilah Indonesia pertama kalinya ditemukan oleh seorang ahli etnologi inggris bernama james richardson logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi. G.W.Earl menyebut indonesians dan melayunesians bagi penduduk kepulauan melayu.
Pada tahun 1862 istilah indonesia diunakan oleh orang inggris bernama Maxwell dalam karangannya berjudul the island of indonesia ( kepulauan indonesia ) dalam hubungannya dengan ilmu bumi, istilah indonesia semakin popular ketika seorang ahli etnologi jerman bernama adolf bastian menggunakan istilah indonesia pada tahun 1884 dalam hubungannya dengan etnologi.kata indonesia berasal dari kata latin indus yang berarti hindia dan kata yunani nesos yang berarti pulau, nesioi bentuk jamak berarti pulau-pulau dengan demikian, kata indonesia berarti pulau-pulau hindia.
Indonesia dikenal pula dengan sebutan nusantara, kata nusantara berasal dari bahasa jawa kuno, yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. jadi, nusantara berarti rangkaian pulau-pulau.Bangsa indonesia sendiri pertama kali menggunakan nama indonesia secara politik, istilah indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh perhimpunan indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar indonesia di negeri belanda pada tahun 1908.Organisasi tersebut pertama kali bernama Indische Vereeniging.kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922.untuk selanjutnya pada tahun 1922 juga namanya diganti perhimpunan indonesia.
Lagu kebangsan negara indonesia adalah "indonesia raya" yang diciptakan oleh wage rudolf supratman,lagu ini dinyanyikan secara resmi yang pertama kali adalah pada saat penutupan kongres pemuda indonesia ke 2 di jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928, Lambang Negara Repulik Indonesia adalah "Garuda Pancasila" yang diresmikan dalam sidang dewan RIS pada tanggal 11 pebruari 1950. Lambang negara tersebut berupa gambar burung garuda yang sayapnya membentang ke kakan dan ke kiri, dan pada leher burung garuda itu tergantung perisai yang melambangkan dasar negara indonesia yaitu " PANCASILA "adapun gambar-gambar yang ada pada perisai tersebut adalah
Sila I dilambangkan gambar bintang
Sila II dilambangkan rantai emas.
Sila III dilambangkan pohon beringin
Sila IV dilambangkan kepala banteng
Sila V dilambangkan padi dan kapas
Garis melintang mendatar melambangkan garis khatulistiwa yang melintang ditengah-tengah kepulauan indonesia,pada pita terdapat tulisan yang berbunyi "bhineka tunggal ika" yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. adapun yang dimaksud adalah bahwa bangsa indonesia itu berbeda-beda tem[at tinggalnya karena berada di berbagai pulau, sehingga berbeda pula bahasanya, adat istiadat, suku dan agamanya.walaupun demikian tetap satu yaitu bangsa indonesia.adapun untuk gambar burung garudanya itu sendiri mempunyai arti sebagai berikut.
a. Sayapnya, bulunya berjumlah 17 bulu dan melambangkan tanggal 17
b. Ekornya, bulunya berjumlah 8 bulu dan melambangkan bulan 8 atau agustus
c. Bulu di bawah perisai berjumlah 19 helai dan bulu-bulu dibawah lehernya berjumlah 45 helai.
Dengan demikian kesemuanay tersebut adalah merupakan makna peringatan pada tanggal 17 agustus 1945.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI