Home » , » Jenis-Jenis Usaha Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Jenis-Jenis Usaha Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Jenis-Jenis Usaha Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya - Ketika kita berangkat sekolah, mungkin dalam perjalanan, kita yang tinggal di perkotaan akan melihat berbagai pekerjaan. ada yang bekerja sebagai sopir, karyawan, pegawai kantor, guru. pedagang roti dan lain-lain. Mugkin, buat kamu yang tinggal di oedesaan dapat menjumpai pekerjaan sebagai pedagang, pengusaha, petani, guru, dan lain sebagainya.Apa pekerjaan orangtua kita?
Oke..pada kesempatan kali ini admin kan melanjutkan materi  ilmu pengetahuan sosial untuk kelas 5 bab 4. dengan tema kegiatan ekonomi indonesia. Orang bekerja untuk kebutuhan hidupnya. orang tuamu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupmu dan keluargamu. jenis pekerjaan bermacam-macam. ada yang bekerja di bidang jasa, ada juga yang menghasilkan barang.

Jenis-Jenis Usaha Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

4 Jenis Usaha Perekonomin Masyarakat


Jenis usaha perekonomian msyarakat ada beraneka ragm.tahukah kamu beberapa diantaranya?berikut ini kita akan belajar berbagai jenis usaha perekonomian masyarakat di indonesia. apakah saobat pernah melihat kegiatan seperti gambar di bawah ini? jenis-jenis usaha perekonomian dibagi menjadi empat, yaitu agraris, industri,perdagangan, dan jasa.

a. Agraris

Usaha bidang agraris merupakan kegiatan produksi yang menggunakan tanh sebagai faktor produksi utama. misalnya kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan.Usaha di bidang agraris dapat menghasilkan bahan pangan yang langsung dapat di konsumsi, misalnya padi, jagung, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan susu.Usaha di bidng agraris juga dapat menghasilkan bahan baku industri misalnya : tebu, kelapa sawit, cengkeh, kopi, teh, cohlat,kayu, rotan, dan kapas.

b. Industri

Usaha bidang industri merupakan kegiatan mengolah sesuatu barang mentah menjadi bahan baku atau barang jadi, bahan baku adalah barang untuk diolah menjadi suat barang. adapun barang jadi adalah barang hasil olahan.contohnya, bambu dan rotan merupakan bahan baku untuk industri anyaman.barang jadi dari mengolah bahan baku tersebut antara lain tikar, keranjang, kursi, meja, dan tempat tidur.

c. Perdagangan

Usaha bidang perdagangan adalah kegiatan membeli atau menjual barang. kita bisa berbelnja di toko, warung,pedagang kaki lima, pedagang asongan, atau pedagang keliling. para pedagang biasanya membeli barng dengan harga lebih murah, kemudian menjualnya kembali secara eceran dengan harga yang lebih mahal dari harga pembelian.

d. Jasa

Usaha bidang jas merupakan kegiatan produksi yang tidak menghasilkan benda, melainkan memberikan pelayanan kepada konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka. kegiatan dokter memeriksa pasien, satpan menjaga keamanaan, guru mengajar di kelas, dan kegiatan tukang pijit mengurut pasien adalah conrtoh kegiatan jasa. orang-orang itu menjual jasa untuk dapat dirasakan dan dinikmati konsumen.Apa yang mereka hasilkan tersebut tidak kelihatan karena bukan berwujud barang, sehingga disebut jasa

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI