Home » , » Macam Macam Bencana Alam Dan Penjelasannya

Macam Macam Bencana Alam Dan Penjelasannya

Macam Macam Bencana Alam Dan Penjelasannya - Apakah pernah terjadi bencana alam di daerah anda ? Apakah daerah anda juga pernah mengalami letusan gunung berapi? banagimana dengan gempa bumi? dapatkah kita menceritakan pengalaman saudara ketika terjadi gejala alam ini ?
Selain berhadapan dengan kenampakan-kenampakan alam, kita juga sering menghadapi gejala-gejala alam. misalnya, gempa bumi, banjir, angin topan, dan gunung meletus. mangapa semua gejala alam ini terjadi?lalu apa yang menyebabkannya?bagaimana manusia harus menghadapinya? sudah tahu jawabannya...!!kalo belom saya akan memberi penjelasannya silahkan menyimak baik-baik

Macam Macam Bencana Alam Dan Penjelasannya


4 Macam Gejala Alam di indonesia


1. Gempa bumi
Salah satu peristiwa alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu adalah gempa bumi. lalu apa yang menyebabkan terjadinya gempa bumi? Gempa bumi bisa disebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang biasa disebut gempa vulkanik.Gempa bumi juga bisa disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi yang namanya gempa tektonik.
Gempa bumi dapat menyebabkan banyak kerusakan. Ruma-rumah dan bangunan bisa hancur. gempa bumi menyebabkan orang kehilangan harta benda. gempa bumi juga membuat orang meninggal dunia karena tertimbun reruntuhan bangunan.

2. Gunung meletus
Gunung api yang masih aktif bisa meletus sewaktu-waktu.ketika meletus, gunung berapi akan mengeluarkan magma,batu-batuan,kerikil,abu, dan gas. Magma adalah cairan sangat panas yang terdapat di perut bumi. magma yang keluar dari perut bumi disebut lava.Batu-batu besar yang dimuntahkan gunung berapi terbentuk dari lava yang membeku,kerikil yang dimuntahkan ketika gunung api meletus disebut lapili. muntahan gunung api yang paling kecil adalah abu halus.debu ini melayang-layang di udara membentuk awan panas. Awan panas ini bisa memusnahkan semua mahluk hidup yang dilewatinya.

3. Banjir
Apakah kamu pernh mengelami bencana banjir? kapan banjir bisa muncul ? Banjir biasanya terjadi pada musim hujan.banjir adalah air yang mengalir dan meluap dalam jumlah yang sangat besar.banjir dapat menggenngi daerah-daerah yang dilaluinya.
Tahukah kita penyebab banjir ? Hujan deras terus-menerus biasanya akan diikuti bencana banjir. lahan hutan digunduli juga dapat menyebabkan banjir. Mengapa demikian? pepohonan di hutan menahan air hujan dan membantu meresapkan ke tanah. karena hutan sudah gundul, air hujan tidak tertahan dan meresap ke tanah. akhirnya air hujan akan meluap. karena itu, kita harus menjaga hutan, lereng gunung dan gunung supaya tidak gundul.


Banjir juga dapat disebabkan oleh kebiasaan manusia.misalnya, kebiasaan membuang sampah ke sungai dan ke selokan air. sampah tersebut menyumbat aliran air. akibatnya, air meluap dari sungai atau selokan dan mengenangi pemukiman penduduk. kita harus membiasakan diri untuk menruh sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah ke sungai atau selokan air.
Dindonesia sendiri hampir setiap tahun terjadi banjir. penyebabnya adalah semakin berkurangnya lahan hutan.penebangan liar menyebabkan banyak hutan di pulau sumatera, kalimantan, sulawesi , dan papua semakin berkurang. kalau tidak dicegah, suatu saat hutan di indonesia akan habis.kalau habis,penduduk indonesia akan susah karena akan terus ditimpa bencana alam seperti banjir,tanah longsor serta mempercepat pemanasan global di bumi ini.Bencana banjir dapat sangat merusak dan menghancurkan hidup manusia.

Akibat Yang ditimbulkan banjir

1. Bangunan dan tempat tinggal serta harta benda rusak karena terendam air.
2. Penduduk terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya dan mengungsi di tempat lain.
3. Pabrik dan kantor-kantor terpaksa berhenti bekerja.
4. Jalan dan jembatan rusak.
5. Timbul berbagai macam penyakit,seperti penyakit kulit dan penyakit menular lainnya.

4. Kekurangan Air Bersih
Selain gempa bumi, gunung meletus, dan banjir, Bencana alam lainnya yang mengancam kehidupan manusia adalah semakin berkurangnya persediaan air bersih. mengapa kekurangan air bersih?apa pengaruhnya bagi kehidupan manusia? pengaruhnya terhadap kehidupan manusia antara lain
1. Orang semakin sulit untuk mendapatkan air bersih
2. Untuk mendapatkan air bersih orang haru membeli air dari pedagang air.
3. Banyak penduduk terserang penyakit karena mereka meminum, memasak, dan mandi 
    memakai air tercemar


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI