Home » , » Kerusakan Alam Yang Disebabkan Oleh Manusia

Kerusakan Alam Yang Disebabkan Oleh Manusia

Dari gejala-gejala alam yang sudah kita bahas sebelumnya, ada dua gejala alam yang tidak bisa dicegaah oleh manusia. gejala alam tersebut adalah gempa bumi dan gunung meletus.manusia hanya dapat memperkirakan kapan gejala alam ini terjadi.Tetapi manusia tidak bisa mencegah terjainya gunung meletus dan gempa bumi. Lain halnya dengan bencana banjir dan kekeringan air.bencana banjir dan kekeringan air umumnya terjadi karena ulah atau tindakan manusia.karena itu, untuk mencegah terjadinya bencana banjir dan kekeringan air, manusia harus memperbaiki sikap dan perbuatan yang merusak alam. Kalau kamu perhatikan, di masyarakat kita terdapat setidaknya ada tiga perilaku atau tindakan yang dapat menyebaban kerusakan alam. Selain itu tindakan itu juga dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir dan kekeringan.Tingkah laku dan perbuatan manusia itu adalah penebangan hutan, ladang berpindah, dan membuang sampah sembarangan.ketiga perilaku buruk manusia ini dapat dijelaskan berikut ini.
kebakaran hutan

3 Perilaku Manusia Yang Menyebabkan Kerusakan Alam


1. Penebangan hutan secara liar
Negara kita memiliki berjuta-juta hektar hutan.hutan-hutan itu terhampar luas di pulau-pulau besar seperti sumatera, kalimantan, sulawesi, dan papua.Hutan-hutan ini kaya akan sumber daya alam. Hutan dapat menghasilkan kayu.hutan juga menjadi tempat tinggal berbagai jenis hewan. hutan melindungi tanah dan air yang ada dibawahnya. hutan juga mencegah terjadinya banjir. tanpa hutan sungai akan mengering. tanpa hutan banjir juga akan menerjang.
Meskipun demikian, semakin tahun luas hutan semakin menyempit. penebangan liar atau pembalakan hutan terjadi dimana-mana.jutaan hektar hutan hilang dan rusak setiap tahun.Tahukah kita apa akibatnya kalau hutan menjadi gundul? Tanah akan terkikis.permukaan tanah yang subur akan menghilang karena erosi. tanah menjadi tandus dan tidak subur lagi. Pertanian di lereng gunung yang hutannya sudah gundul pun akan mudah longsor. ini membahayakan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. tanah longsor dapat menelan banyak korban.
Sekarang, kita harus menyelamatkan hutan. hutan yang belum punah harus dipertahankan. kita juga harus menghentikan penebangan hutan secara sembarangan. untuk hutan yang terlanjur rusak, perlu ditanami kembali dengan tumbuh-tumbuhan yang cocok. kita harus melakukan reboisasi untuk menyelamatkan lahan gundul. dan untuk orang yang melakukan penebangn liar harus ditangkap dan dihukum.

2. Ladang berpindah
Ladang adalah sebidang tanah yang diolah untuk ditanami ubi, jagung, dan sebagainnya. ladang tidak diairi. dibanyak tempat, masyarakat indonesia membuka hutan untuk berladang. setelah ladang tersebut tidak subur lagi,mereka membuka ladang di tempat yang lain. membuka ladang baru biasanya disertai dengan membakar pohon dan semak belukar,masyarakat yang membuka ladang baru dengan menebang pohon dan membakarnya dapat menyebabkan kebakaran hutan.
Salah sayu kejadian yang hampir setiap yahun terulang adalah pembakaran hutan.misalnya terjadi di kalimantan dan sumatera. masyarakat setempat membuka ladang baru dengan cara menebang pohon dan membakar. Tahukah kamu apa akibatnya jika jutaan hektar hutan terbakar? asap yang ditimbulkan akan membumbung tinggi sepertia awan dan dapat membahayakan kesehatan manusia. asap tebal juga menggangu penerbangan pesawat terbang. bahkan asap dari indonesai bisa sampai ke malaysia.itu juga termasuk menggangu kehidupan di negara tersebut.

3. Membuang sampah sembarangan
Kita semua tahu sampah bukan? bagaimana kita mengelola sampah di rumah?apakah sampah dirumah dibuang kesembarang tempat. Dewasa ini, sampah menjadi masalah serius bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. ratusan ribu kubik sampah dihasilkan.sampah-sampah tersebut dibawa ke tempat pengelolaan akhir ( TPA ).setiap tahuna TPA mengalami kesulitan karena sempitnya lahan, sementara jumlah sampah terus meningkat jumlahnya.
Tidak semua orang menaruh sampah pada tempatnya. ada warga masyarakat tertentu yag membuang sampah sembarangan. ada yang membungnya kesungai atau ke selokan air. ini bisa berbahaya,karena dapat menyebabkan banjir.selain itu, sampah dapat merusak dan membunuh mahluk hidup yang hidup disungai.Sampah juga dibuang oleh pabrik-pabrik. namanya limbah industri. sampah dari limbah industri ini sangat berbahaya karena mengandung racun. limbah industri bisa memnahayakan hidup manusia dan mahluk hidup lainya.oleh karena itu, limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang.
Mari...sebagai warga masyarakat,kita harus peduli pada masalah sampah ini. yang dapat kita lakukan adalah membuang sampah selalu pada tempatnya. sebelum membuang sampah, kita harus memisahkan terlebih dahulu sampah plastik dari sampah-sampah bukan plastik. sampah plastik akan akan sulit hancur, karena itu akan di daur ulang. sementara itu, manusia juga dapat mengolah ulang sampah yang bukan plastik, misalnay membuat pupuk organik yang dapat menyuburkan tanah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI