Home » , » Sejarah Terjadinya Yogyakarta

Sejarah Terjadinya Yogyakarta

Asal mula nama Yogyakarta - Di pulau jawa bagian tengah terdapat kesultanan Yogyakarta dan surakarta, pada zama dulu kedua kesultanan ini menjadi satu dengan nama mataram,waktu itu ibukota mataram adalah kertasura, kertasura sendiri terletak sekitar 10 kilometer sebelah barat Surakarta ( solo ) pada tahun 1742 kerajaan mataram jatuh karena sebuah pemberontakan. raja daan seluruh anggota keluarga kerajaan melarikan diri ke surakarta ( solo ).
Pusat pemerintahan pun beralih ke surakarta, waktu itu kerajaan mataram belum pulih benar. raden mas said melancarkan pemberontakan, sebenarnya raden mas said adalah keponakan raja sendiri selanjutnya kerajaan mataram menjadi kacau balau,pangeran mangkubumi mengajukan diri membantu mengatasi kekacauan,pangeran mangkubumi adalah adik raja sendiri.
Bantuan pangeran mangkubumi tidak disetujui seorang pejabat kerajaan,pangeran mangkubumi merasa kecewa dan ia bergambung dengan raden mas said.Di bawah kepemimpinan raden mas said pasukan pemberontak menyeru surakarta,raja mataram merasa terdesak kemudian raja meminta bantuan kolonial belanda untuk meredakn pemberontakan dan pemberontakan itu dapat di gagalkan berkat bantuan tentara kolonial belanda.
Pada tahun 1752 pemberontakan berkobar lagi, pemberontakan ini berakhir dengan diadakannya perjanjian pada tanggal 15 pebruari 1755 dengan nama perjanjian Gayatri,berdasarkan perjanjian itu kerajaan mataram dibagi menjadi dua yaitu mataram surakarta hadiningrat dan mataram ngayogyakarta hadiningrat. susuhunan paku buwono III menjadi raja mataram Surakarta Hadiningrat dan pangeran mangkubumi menjadi raja Ngayogyakarta hadiningrat sebagai raja ia bergelar Sultan Hamengkubuwono I.
Untuk sementara sultan hamengkubuwono I tinggal di ambar ketawang,ia mencari tempat yang cocok untuk mendirikan pusat kerajaan dan para punggawa akhirnya menemukan sebuah hutan namanya Garijitawati letaknya tidak jauh dari desa Beringin,disinilah kemudian didirikan pusat kerajaan.Pangeran mangkubumi dipercaya sebagai jelmaan dewa wisnu dalam wujud krisna. sebelumnya, dewa wisnhu pernah menjelma menjadi sri rhama. raja Sri Rahma tinggal di kerajaan Ayodya atau sering disingkat sebagai Yodya.
Asal mula nama yogyakarta oleh Para pengikut pangeran mangkubumi berharap kerajaan baru ini aman,tentram,damai dan sejahtera. inilah sebabnya nama Yodya kemudian ditambah dengan kata karta, yang artinya serba baik.demikianlah, kerajaan yang baru ini dinamakan Yodyakarta,dalam perkembangan selanjutnya, orang lebih mudah menyebut kerajaan ini dengan nama Yogyakarta

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI