Home » , » Pengunungan Yang Ada Di Indonesia Beserta Letaknya

Pengunungan Yang Ada Di Indonesia Beserta Letaknya

Pegunungan Di Indonesia - Pegunungan mempunyai pengertian sebuah dataran yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya,adapun arti lainya ialah perbukitan yang mempunyai tinggi antara 500 - 600 m,di indonesia sendiri terdapat 26 pegunungan mulai dari sumatera sampai papua di sumatera terdapat deretan pegunungan yang memanjang yang dinamakan pegunungan bukit barisan.

pegunungan tengger di jawa timur


Di pulau jawa dilalui pegunungan yang membentang di daerah bagian barat, tengah,dan selatan.tiap pegunungan ini diselingi oleh dataran rendah dan lembah. pegunungan di pulau jawa pada umumnya merupakan pegunungan kapur ada beberapa lagi yang terdapat dipulau jawa antara lain pegunungan dieng di jawa tengah, pegunungan tengger di jawa timur.
Di pulau kalimantan terdapat pegunungan yang lebih tua dibandingkan dengan pegunungan di pulau jawa dan sumatera. di pegunungan ini tidak terdapat gunung berapi yang masih aktif, kecuali di kalimantan utara.pegunungan di kalimantan antara lain pegunungan meratus ( kalimantan selatan ) dan pegunungan muller yang menjadi batas provinsi kalimantan barat dengan kalimantan tengah.
Pegunungan yang terletak di pulau sulawesi termasuk pegunungan yang cukup tinggi,yang berketinggian antara 2000-3500 meter diatas permukaan laut ( mdpl ),pegunungan ini terdapat di hampir seluruh semenanjung yang ada di pulau tersebut.adapun pegunungan yang ada di sulawesi antara lain pegunungan utambela ( gorontallo ), pegunungan fenema dan pegunungan pompange ( sulawesi tengah ).
Lanjut ke papua terdapat pegunungan tinggi yang membujur dari pulau timur dan barat.pegunungan yang terdapat di pulau ini banyak yang berpuncak sangat tinggi, antara lain pegunungan sudirman dengan puncak jaya ( 5030 mdpl ). berikut ini adalah daftar nama pegunungan yang ada di indonesia

Nama Pegunungan Di Indonesia


No
Nama Pegunungan
Letak
1
Pegunungan Bukit Barisan Pulau Sumatera
2
Pegunungan Pembarisan Pulau jawa
3
Pegunungan Kidul Pulau jawa
4
Pegunungan Dieng Pulau jawa
5
Pegunungan Kapur Utara Pulau jawa
6
Pegunungan Kendeng Pulau jawa
7
Pegunungan Tengger Pulau jawa
8
Pegunungan Betiri Pulau jawa
9
Pegunungan Schaner Pulau kalimantan
10
Pegunungan Mullter Pulau kalimantan
11
Pegunungan Meratus Pulau kalimantan
12
Pegunungan Quarles Pulau Sulawesi
13
Pegunungan Takolekaju Pulau Sulawesi
14
Pegunungan Pompangeo Pulau Sulawesi
15
Pegunungan Paleleh Pulau Sulawesi
16
Pegunungan Batui Pulau Sulawesi
17
Pegunungan Verbeck Pulau Sulawesi
18
Pegunungan Tangkeleboke Pulau Sulawesi
19
Pegunungan Bingkoku Pulau Sulawesi
20
Pegunungan Arfak Irian Jaya Barat
21
Pegunungan Tamrau Irian Jaya Barat
22
Pegunungan Fak-Fak Irian Jaya Barat
23
Pegunungan Charles Louis Papua
24
Pegunungan Sudirman Papua
25
Pegunungan Jayawijaya Papua
26
Pegunungan Wisnumurti Papua

Demikian adalah nama pegunungan yang ada di indonesia,semoga dapat menambah wawasan kita tentang kekayaan alam di indonesia.salam klikilmu

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI