Home » , » Sejarah Terjadinya Candi Prambanan

Sejarah Terjadinya Candi Prambanan

Sejarah Terjadinya Candi Prambanan
Cerita rakyat tentang candi prambanan - Pada zaman dahulu, berdirilah sebuah kerajaan di pengging,sang raja mempunyai seorang putera.nama puteranya itu adalah bandung bondowoso.ia adalah seorang pemuda yang gagah dan sakti.Di prambanan sendiri juga berdiri sebuah kerajaan,rajanya bernama ratu boko,ratu boko mempunyai seorang puteri yang sangat cantik,nama puteri itu adalah Roro jonggrang.

Kerajaan pengging dan prambanan saling bermusuhan pada suatu hari terjadilah peperangan hebat antara kedua kerajaan tersebut,awalnya kerajaan pengging kalah lalu bandung bondowoso maju ke medan peperangan,hasilnya kerajaan pengging dapat mengalaahkan kerajaan prambanaan dan bandung bondowoso berhasil membunuh prabu boko.

Saat masuk istana prambanan, bandung bondowoso melihat roro jonggrang ia kemudian langsung jatuh cinta melihat kecantikan puteri tersebut dan bandung bondowoso ingin memperistri roro jonggrang.namun, roro jonggrang tidak mau diperistri oleh pembunuh ayahnya.Bandung bondowoso terus memaksa. dan akhirnya, roro jonggrang mau diperistri dengan satu syarat.ia meminta dibuatkan seribu candi dan dua sumur yang sangat dalam hanya dengan satu malm dan bandung bondowoso menyanggupi syarat tersebut.

Baca juga : Macam cerita rakyat di indonesia

Bandung bondowoso meminta bantuan mahkluk-mahkluk halus untuk membangun seribu candi dan mereka segera bekerja keras setelah matahari terbenam dengan cepatnya berdirilah candi-candi yang megah.pada tengah malam,tinggl satu candi yang belum berdiri lalu roro jonggrang pun terkejut melihat hal tersebut,lalu ia mencari akal untuk menggagalkan usaha bandung bondowoso. idepun muncul roro jonggrang membanggunkan para gadis-gadis desa,mereka disuruh menumbuk padi sambil memukul lesung.maka ayam jantan pun berkokok bersahut-sahutan.karena mendengar ayam jantan berkokok,para mahluk-mahluk halus segera menghentikan pekerjaannya.

Mereka menyangka sebentar lagi matahari akan terbit dan gagallah bandung bondowoso mendirikan seribu candi,ia pun sangat marah karena berhasil ditipu oleh roro jonggrang lalu dikutuklah roro jonggrang menjadi arca batu maka jadilah roro jonggrang arca besar di candi prambanan,candi prambanan juga disebut candi roro jonggrang.

Demikian itu hanyalah sebuah mitos yang berkembang tentang sejarah terjadinya candi prambanan,masih ingat apa itu mitos?adalah cerita yang dipercaya benar-benar terjadi,dianggap suci dan memiliki tokoh dewa.salam klikilmu

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI