Home » , » Sejarah Berdiri Sampai Runtuhnya VOC

Sejarah Berdiri Sampai Runtuhnya VOC

pengertian dan kepanjangan voc
Sejarah pembentukan sampai pembubaran VOC -  Pada tahun 1598, untuk kedua kalinya armada belandaa tiba di banten. armada ini dipimpin oleh jacob van neck, disusul kedatangan armada yang dipimpin oleh marwijk. sejak saat itu, orang-orang belanda berlomba-lomba datang ke indonesia. Terbukanya jalur perdagangan ke indonesia mengakibatkan munculnya persaingan di antara para pedagang. persaingan ini terjadi antara pedagang belanda sendiri maupun dengan sesama pedagang eropa lainnya.

Untuk memenangkan persaingan dagang dengan bangsa eropa lain maupun dengan sesama bangsa belanda sendiri, pemerintah belanda membentuk persatuan ( kongsi ) dagang. persatuan dagang belanda tersebut didirikan pada tanggal 20 maret 1602 dengan nama Vereenigde Oost indische compagnie ( VOC ),artinya persatuan dagang hindia timur. tujuannya adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya melawan pesaing-pesangnya, baik dari dalam maupun dari luar belanda, seperti portugis, inggris dan spanyol.untuk kelancaran usaha dagangnya, pemerintah belanda memberi hak monopoli kepada VOC untuk :
1. Membuat perjanjian dengan raja-raja.
2. Menyatakan perang dan mengadakan perdamaian.
3. Membuat senjata dan mendirikan benteng.
4. Mencetak uang.
5. Mengangkat dan memberhentikan pegawai.

Pieter both diangkat sebagai gubernur jenderal VOC yang pertama dan berkedudukan di ambon. VOC melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah. artinya, rempah-rempah hanya boleh di jual kepada VOC dengan harga yang telah ditentukan oleh VOC.

Ketika Jan Pieterszoon Coen menjadi gubernur,pusat VOC dipindahkan dari ambon ke jayakarta ( jakarta ) pada tanggal 31 mei 1619.nama jayakarta diganti menjadi batavia. alasan pemindahan kantor VOC karena letak jayakarta dianggap strategis bagi pelayaran perdagangan.selain itu, jayakarta lebih dekat dengan tanjung harapan.sejak bermarkas di jayakarta,sikap VOC semakin kasar dan mereka mulai menjajah indonesia akibatnya, timbul perlawanan di mana-mana.

Menjelang abad ke-19, keadaan keuangan VOC semakin memburuk salah satunya adalah disebabkan adanya korupsi dikalangan pejabat. akibatnya pada tanggal 31 desember 1799, VOC dibubarkan. kekuasaan VOC di indonesia diambil alih oleh pemerintah belanda.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI