Home » , » Keanekaragaman Kenampakan Alam di Indonesia

Keanekaragaman Kenampakan Alam di Indonesia

Keanekaragaman Kenampakan Alam di Indonesia - Selamat pagi sobat clikilmu pada pagi yang cerah ini saya berkesempatan atau mau membahas materi pelajaran sekolah ilmu pengetahuan sosial untuk kelas 4 Bab 2 tentang Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam.
Di lingkungan sekitar kita terdapat bermacam-macam kenampakan alam. coba kita sebutkan kenampakan alam apa saja yang terdapat di daerah tempat tinggl kita..? Ternyata kenampakan alam di lingkungan tempat tinggal kita juga mempengaruhi keadan sosial budaya.diharapkan kita bisa memiliki kemaampuan sebagai beikut :
1. Memahami dan menyebut aneka ragam kenampakan alam yang ada di sekitar tepat tinggal.
2. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya berbagai gejala alam.
3. menyebut tindakan dan perilaku manusia yang menyebabkan kerusakan alam.
4. Menjelaskan hubungan antara keragaman sosial-budaya dengan keanekaan kenampakan alam.

2 Jenis Keanekaragaman Kenampakan Alam

1. Daratan

Daratan adalah tempat dimana kita berpijak.bentuk daratan bermacam-macam, antara lain gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. oke akan kita bahas satu per satu.
a. Gunung
Ada dua macam gunung, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. gunung berapi mengahasilkan barang-barang tambang seperti batu, pasir,belerang, dan sumber air panas. sedangkan gunung tidak berapi dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan, kehutanan, suaka margasatwa, atau tempat rekreasi.
b. Pegunungan
Pegunungan adalah bagian dari dataran yang bergunung-gunung. tingginya lebih dari 700 meter dpl. daerah pegununngan berhawa sejuk. daerah ini juga sering dimanfaatkan untuk tempat rekreasi, peristirahatan dan pertanian. pertanian yang dikembangkan di daerah pegunungan adalah hortikultura.pertanian holtikultura adaalah pertaanian yang mengembangkan jenis tanaman satur-sayur dan buah-buahan.Daerah pegununga di indonesia antara lain sebagai berikut
Daerah pegununga di indonesia

c. Dataran tinggi
Permukaan dataran tinggi terletak diatas 200 meter dari permukaan laut. dataran tinggi dapat dianfaatkan manusia, misalnya sebagai tempat peristirahatan, tempat menanam berbaagaai jenis sayuran dan buah--buahan dan dataran tinggi biasanya merupakan daerah yang sejuk.
d. Dataran rendah
Dataran rendah adalah wilayah di daraatan dengan ketinggian antara 0 - 200 meter diatas permukaan laut. umumnya daerah dataran rendah terdapat disekitar pantai. daerah dataran rendah dapat dimanfaatkan manusia untuk kegiatan pertanian, perternakan, perumahan, membangun industri, perkebunan tebu, perkebunan kelapa dan sebaagainya.
e. Pantai
Apakah kamu pernah ke pantai? bagaimana keadaan pantai?bisa diceritakan di komentar lo..pantai adalah bagian dari daratan yang berbatassan langsung dengan laut.
Di indonesia sendiri terdapat banyak sekali pantai. ada pantai yang landai. ada juga pantai yang terjal

2. Perairan

Kenampakan alam perairan terdiri dari sungai, danau, dan selat. ketiganyan akan diuraikan sebagai beru\ikut :
a. Sungai
Sungai-sungai di indonesia sangat banyak. umunya sungai-sungai besar terdapat di pulau-pulau besar seperti jawa, sumatra, kaliantan, sulawesi, dan papua. sungai-sungai besar dapat di manfaatkan sebagai sarana transportasi.
Beberapa sungai besar di indonesia antara lain sungai aceh di aceh, sungai kampar di riau, sungai Asahan di seumatra utara, Sungai musi di sumatera selatan, sungai bengawan solo di jawa tengah, Sungai berantar di jawa timur, sungai kapuas di kalimantan barat, Sungai mahakam di kalimantan timur,Sungai digul di papua.
b. Danau
Indonesia juga memilki banyak sekali danau, berikut ini diantaranya. danau toba di sumatra utara, danau laut tawar di NAD, danau maninjau dan danau singkarak di suatera barat, danau rawapening di jawa tengah, danau sembuluh di kalimantan barat, danau jempang di kalimantan timur, danau matana dan danau tempe di sulawesi selatan, danau poso di sulawesi tengah, danau tondano di sulawesi utara, danau batur di bali, danau segaraanak di lombok, danau kalimutu di flores, danau paniai serta danau sentani di papua.
c. Selat
Selat adalah laut yang sempit di antara pulau. selat menghubungkan satu pulau dengan pulau-pulau lainya. beberapa selat yang penting di indonesia dapat disebutkan berikut ini :
beberapa selat yang penting di indonesia
oke sampai disini dulu ya sobat clikilmu. pada kesempatan yang akan datang kita masih akan membahas mengenai bab 2 ilmu pengetahuan sosial kelas 4 sd ini yaitu tentang gejala-gejala alam yang sering kita jumpai atau kita pernah mengalami sendiri.salam clikilmu

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI