Home » , » Pembagian Waktu Di Indonesia

Pembagian Waktu Di Indonesia

Pembagian Waktu Di Indonesia - Perhatikan gambar dibawah ini. amatilah garis-garis yang membujur dan membentang pada globe tersebut. ketiga globe tersebut mengambarkaan letak suatu daerah pada garis bujur dan lintang. Gambaran mengenai pembagian daerah waktu dapat dilihat pada globe ( bola bumi ) atau peta.garis-garis yang terletak pada globe disebut garis lintang dan garis bujur. garis lintang disebut garis paralel, sedangankan garis bujur disebut garis meridian
Pengertian garis bujur dan garis lintang

Pengertian garis bujur dan garis lintang

Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi. garis lintang membelah bui menjadi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang 0 derajat disebut juga garis khatulistiwa. Garis lintang yang berada di belahaan bumi utara disebut lintang utara ( LU ), sedangkan garis lintang yang berada dibelahan bumi selatan disebut garis lintang selatan ( LS ).
Garis bujur ( meridian ) adalah garis khayalan yang membujur dan membelah bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. garis bujur 0 derajat ini melintas di atas kota greenwich di dekat london inggris. Garis bujur yang terdapat di belahan barat kota greenwich disebut garis bujur barat ( BB ), sedangkan garis bujur yang terdapat di sebelah timur kota Greenwich disebut garis bujur timur ( BT ).
Garis Bujur Barat ( BB ) membagi setip daerah waktu dari 0 derajat sampai 180 derajat BB dengan perbedaan waktu satu jam tiap 15 derajat. Garis Bujur Timur ( BT ) membagi setiap daerah waktu dari 0 derajat sampai 180 derajat BB dengan perbedaan waktu satu jam setiap 15 derajat. Garis bujur 180 derajat dan garis bujur 180 derajat BT bertemu dan berimpitan pada daerah waktu yang sama di samudera pasifik. daerah waktu pada garis bujur 180 derajat disepakati sebagai garis batas tanggal internasional

Pembagian waktu di wiayah indonesia

Setelah kita memahami penjelasan tersebut, sekarang kita akan membahas pembagian wilayah indonesia. Negara kita terbentang dari sabang sampai merauke, wilayahnya terletak pada belahan bumi timur, yaitu membujur dari 95 derajat sampai 141 derajat bujur timur ( BT ). ini berarti bahwa panjang seluruh wilayah indonesia paling barat sampai wilayah indonesia paling timur selisih antara garis bujur 95 derajat dengan garis bujur 141 derajat. jadi, wilayah Negara kesatuan republik indonesia terletak sepanjang 46 derajat garis bujur.Perhatikan peta indonesia di bawah ini dengan seksama
Jika demikian,berapa jumlah daerah waktu di indonesia? Jumlah daerah waktu di indonesia disepakati menjadi tiga,yaitu panjang wilayah 46 derajat dibagi dengan 15 derjat. hasilnya adalah 3,066, dan di bulatkan menjadi 3.Dengan demikian, di indonesia terdapat tiga daerah waktu, yaitu waktu indonesia barat ( WIB ), waktu indonesia tengah ( WITA ), dan waktu indonesia timur ( WIT ).
Dari hasil pengamatan peta pembagian waktu, dapat diketahui bahwa tiga daerah waktu untuk wilayah indonesia adalah sebagai berikut.
a. Wilayah waktu indonesia barat ( WIB ) ditetapkan berdasarkan meridian pangkal 105 derajat bujur timur ( BT ) yang meliputi seluruh sumatra,jawa,kalimantan barat, dan kalimantan tengah.
b. Wilayah waktu indonesia tengah ( WITA ) ditetapkan berdasarkan meridian pangkal 120 derajat bujur timur ( BT ) yang meliputi wilayah sulawesi, kalimantan selatan, kalimantan timur, bali, nusa tenggara barat, dan nusa tenggara timur.
c. Wilayah waktu indonesia timur ( WIT ) ditetapkan berdasarkan meridian pangkal 135 derajat bujur timur ( BT ) yang meliputi maluku, maluku utara, dan papua.

Berdasarkan peta pembagian wilayah waktu di indonesia maka ada perbedaan waktu antara tiap-tiap wilayah tersebut sebagai berikut.
a. Wilayah indonesia barat ( WIB ) mempunyai perbedaan waktu satu jam lebih lambat dari waktu indonesia tenga ( WITA ) dan dua jam lebih lambat dari waktu indoesia timur ( WIT ).
b. Waktu indonesia tengah ( WITA ) mempunyai perbedaan waktu satu jam lebih cepat dari waktu indonesai barat ( WIB ) dan satu jam lebih lambat dari waktu indonesia timur ( WIT ).
c. Waktu indonesia timur ( WIT ) mempunyai perbedaan waktu satu jam lebih awal dari waktu indonesai tenga ( WITA ) dan dua jam lebih cepat dari waktu indonesia barat (WIB ). 
Lalu bagaimana perbedaan waktu indonesia dengan Greenwich ? perbedaan dari tiga wilayah waktu indonesia dengan waktu greenwich dapat dihitung berdasarkan garis bujur ( meridian ) pangkal tiap-tiap wilayah, yaitu WIB ( 105 derajat ). WITA ( 120 derajat ), dan WIT ( 135 derajat ) lalu dibagi dengan 15 derajat. dengan demikian, kamu dapat memperoleh beda waktu untuk wilayah indonesia dengan greenwich sebagai berikut.
a. Meridian pangkal WIB = 105 derajat : 15 derajat = 7 jam. artinya bahwa waktu indonesia barat ( WIB ) mempunyai perbedaan waktu lebih awal 7 jam dari waktu Greenwich.
b. Meridian pangkal WITA = 120 derajat : 15 derajat = 8 jam. artinya bahwa wilayah waktu indonesia tengah mempunyai perbedaan waktu lebih awal 8 jam dari waktu greenwich.
c. Meridian pangkal WIT = 135 derajat : 15 derajat = 9 jam. artinya, waktu indonesia timur (WIT) mempunyai waktu lebih awal 9 jam dari waktu greenwich. perharikan gambar dibawah ini

oke sampai disini dulu ya sobat tentang pembahasan materi ilmu pengetahuan sosial untuk kelas lima bab 2 kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di indonesia semoga dapat menambah wawasan kita mengenai waktu di indonesia dan mengetahui kenapa antara jawa dan irian jaya beda jam.salam clikilmu.


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Untuk mengetahui balasannya silahkan centang "Notify me'. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:

1. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan sopan
2. Dilarang meninggalkan link hidup/ mati
3. Berkomentarlah sesuai/ relevan dengan topik
4. Dilarang SPAM dan Promosi

DAFTAR ISI