Home » , » Cara Cepat Membaca Peta di Suatu Tempat

Cara Cepat Membaca Peta di Suatu Tempat

Cara Cepat Membaca Peta di Suatu Tempat - Setelah sebelumnya kita membahas dan mempelajari unsur-unsur peta .Masih ingat apa saja unsur-unsur peta ? coba sebutkan kembali unsur-unsur peta. sekarang, mari kita belajar membaca berdasarkan unsur-unsur yang pernah di bahas sebelumnya. kita akan belajar membaca peta kabupaten/kota dan proinsi.

5 Langkah untuk membaca peta

Bagaimana cara jitu membaca peta suatu kabupaten atau provinsi ? mari ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Menemukan peta kabupaten dan provinsi
Peta kabupaten dan provinsi bisa kita temukan dalam atlas. atlas adalah buku yang berisi gambar-gambar peta. kamu bisa menemukan peta kabupaten dan provinsi di atlas provinsi-provinsi. lihatlah daftar isi atlas tersebut.carilah nama provinsimu. kemudian bukalah halaman yang ditunjukkan dalam daftar isi itu. dihalaman itu kamu akan menemukan peta provinsimu.
2. Menentukan letak wilayah
Letak suatu wilayah bisa ditunjukkan dengan menyebutkan letak astronomisnya. lalu bagaimana menentukan letak astronomis suatu wilayah ? Tarik garis lurus mendatar ( horisontal ) di wilayah terluar sebelah utara dan selatan. sebutkan angka koordinat garis lintang kedua garis itu. kemudian tarik garis tegak lurus di wilayah terluar sebeah barat dan timur. sebutkan angka koordinat garis bujur kedua garis itu.Kamu sudah menemukan letak astronomis wilayah provinsi atau kabupatenmu! dengan cara ini mari kita temukan letak astronomis ambil contoh provinsi banten. Letak astronomis provinsi banten kira-kira diantara 105.1 drajat sampai 106.2 derajat bujur timur ( BT ) dan 5.8 derajat sampai  7.1 derajar lintang selatan ( LS )
3. Menyebutkan batas-batas wilayah
Batas-batas wilayah bisa berupa wilayah provinsi lain. bisa juga berupa kenampakan alam seperti selat, laut atau samudera.
4. Menyebutkan pembagian wilayah
Perhatikan pembagian wilayah di peta yang kita baca. sebutkan provinsi terdiri dari beberapa kabupaten . sebuah kabupaten terdiri dari beberapa kecamatan.
5. Menyebutkan kenampakan-kenampakan alam dan buatan
Kita tentu masih ingat arti simbol-simbol yang terdapat di sebuah peta bukan ? ada simbol-simbol untuk kenampakan alam dan buatan. sebutkan macam-macam kenampakan alam dan buatan dipeta yang kita pelajari. misalnya : gunung, sungai, pelabuhan, bendar udara, jalur kereta api, dan lain sebagainya.

cara ampuh membaca peta kabupaten

   Wilayah kabupaten atau kotamadya merupakan gabungan dari beberapa kecamatan. sebuah kabupaten dipimpin oleh seorang bupati. sementara sebuah kotamadya dipimpin oleh walikota. mri kita baca salah satu kabupaten. perhatikan kabupaten sleman ipostingan ini. apa yang dapat kita baca pada peta kabupaten sleman? hal-hal yang dapat kita baca dari peta kabupaten sleman sebagai berikut
cara membaca peta kabupaten

Apa saja yang dapat kita baca pada peta kabupaten sleman? hal-hal yang dapat kita baca pada peta kabupaten sleman diatas adalah sebagai berikut.
1. Kabupaten sleman adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. ibu kota kabuopaten sleman juga bernama sleman.


2. Di bagian utara wilayah sleman berbatasan dengan kabupaten boyolali dan magelang. di bagian timur wilayah sleman berbatasan dengan kabupaten klaten dan gunung kidul. dibagian selatan sleman berbatasan  dengan kabupaten bantul dan Kodya yogyakarta. sedangkan di bagian barat wiayah sleman berbatasan dengan kabupaten kulon progo.
3. Wilayah sleman dibagi menjadi 17 kecamatan yaitu Sleman sendiri, Moyudan, Minggir, Tempel, sayegan,godean, gamping,mlati, turi, pakem, ngaglik,depok, berbah, prambanan, kalasan, ngemplak, dan cangkringan.
4. Kenampakan alam yang terdapat di wilayah kabupaten sleman antara lain gunung merapi, kali opak, kali tepus, dan kali coda. diwilayah sleman terdapat bandara adi sucipto

cara membaca peta provinsi

Sebuah provinsi di pimpin oleh seorang gubernur.wilayah provinsi terdiri dari beberapa kabupaten. apa kalian sudah menyimak contoh membaca peta kabupaten. sekarang mari kita membaca peta provinsi. Perhatikan peta provinsi banten di bawah ini! agar lebih jelas, kita bisa melihat peta provinsi banten di buku atlas kalian masing-masing ! apa yang bisa kita ceritakan.

Cara Cepat Membaca Peta di Suatu tempat

Hal-hal yang bisa kita ceritakan dari provinsi banten di atas sebagai berikut.
- Letak banten terletak di ujung barat pulau jawa.letak astronomisnya kira-kira diantara 105.1 drajat sampai 106.2 derajat bujur timur ( BT ) dan 5.8 derajat sampai  7.1 derajar lintang selatan ( LS )
batas-batas wilayah provinsi banten sebagai berikut.
a. Disebelah utara : laut jawa
b. Disebelah timur : Provinsi DKI jakarta dan jawa barat
c. Di bagian selatan : Samudera indonesia
d. Di sebelah barat : selat sunda
Kenmpakan alam dan buatan
a. Gunung : gunung gede dan gunung karang
b. Teluk : teluk banten, lada, penanjung, dan teluk camar
c. Tanjung : tanjung pontang, pujut, lesung, alang-alang dan teluk sodong.
d. Sungai : ci durian, ci banten, ci liman, ci sisih, i baliung, ci semeut, dan ci berang
Kenampakan buatan yang terdapat di wilayah banten adalah bandara sukarno-hatta di cengkareng, pelabuhan merak dan jalan tol merak-jakarta.





DAFTAR ISI